Lilypie 3rd Birthday Ticker

Friday, February 02, 2007

back to basic

Beberapa hari yang lalu, mommie ngobrol ngobrol niy ama mbak bin. Mbak Bin itu orangnya kecil dan kurus, asalnya dari Blitar umurnya 23 tahun, ibu dari Ipoeng yang beratnya udh 23 kg padahal baru mau 3 tahun Mei ini. Ckckck endut yah..sukanya makan pindang. =)
Nah di kampungnya Mbak Bin, nggak ada tuh yg namanya rumah sakit ibu dan anak. Kalo ke rumah sakit harus ongkos lagi donk..Sekampung itu kalau ngelahirin bakalan ke rumah seorang bidan, yg juga istrinya Pak Lurah. Biaya ngelahirin Cuma 250 ribu (3 tahun yg lalu). Jangan kaget! Ini awal cerita aja…Mules dateng jam 5 pagi trus lahir jam 9-an, tanpa painkiller apa apa (Strike 1). Setelah 4 jam ngelahirin bayinya, Mbak Binti udah disuruh pulang dianterin ama mobil bu Lurah. (strike 2). Agak ketunda dikit sih gara gara ujan. Habis itu Ipoeng mimi ASI ampe lebih dari 1 tahun soalnya formula kan mahal. (Strike 3). Cuma ya Ipoeng udah kenal makanan padat dari 4 bulan…so far dia sih baek baek aja.
Kirain kasus ini Cuma karena Mbak Bin nggak ada masalah apa-apa ama kehamilannya. Ternyata nggak loh!!! 2 Jempol buat ibu Lurah…bayi sungsang juga ayo..tanpa operasi! Lahiran normal nggak pake rawat inap! Nggak pake painkiller jadi baby lahir alami! Kalo baru pembukaan awal, si mom-to-be disuruh pulang lagi ( buat nyapu ato ngepel kali ya..)
Beda banget nggak sih ama Mommie Arya niy…=) Cuma hal ini membuka mataku. Kebayang donk kita asalnya sama sama dari Jawa. Paling terpisah ama beberapa km. Tapi bener bener beda….Kirain cerita Mbak Bin ini cerita orang ngelahirin jaman dulu. Ternyata prakteknya masih ada sampai sekarang.

Back to Basic
Nah sekarang niy lagi ngetren ibu ibu mau lahiran secara alami. Nggak mau pake painkiller, ASI..ASI, ASI ex, etc..Nah kalo di kampung, itu bukan pilihan. Mereka ya harus alami, ya harus ASI buat ngurangin biaya. So upside down. Kita yang sehari hari terjebak di depan komputer harus meluangkan waktu buat olahraga min 30 menit sehari. Buat mereka, nyapu ngepel udah makanan sehari hari. Kita diwanti wanti nggak boleh makan fast food, banyak banyak makan sayur. Buat mereka, sayur ya makanan sehari hari, fast food dan daging merah itu makanan mewah. Aku aja hampir ikutan metode hipnotis biar bisa mengurangi rasa sakit bahkan hb ikutan nyaranin caesar aja biar nggak sakit. Aku ikutan milis-milis yg pro ASI, cari cari RS yg pro ASI…hm kalo di desa itu bu Lurah bener bener jadi agen ASI. Pastinya juga perusahaan perusahaan besar susu formula juga nggak mau donk ngirimin sample ke desa itu. Lha wong yg beli (yg mampu beli) bisa diitung pake jari…Kita bisa bangga banget ngasih anak kita ASI ex (buat Arya, 90% Asi ex..=p), bisa lahiran tanpa painkiller…buat ibu ibu di desa, hal ini alami, satu paket ama kehamilan.

Jadi intinya….kita harusnya merubah pola hidup kita. Back to basic. Mungkin yg gampang itu belum tentu yang terbaik. Mungkin kita harus bertanya lagi, apa perlu kita buang buang uang, kalo sebenernya kita udah punya semua yg kita butuhkan.

2 comments:

Unknown said...

ck ck ck hebat euy Mbak Bin dan Ibu Lurah.
DI kantor hampir semua orang ngelahirin caesar dan anaknya minum formula. Kayaknya perbedaannya emang di masalah "option". Gw pas hamil tua ketemu sodara gue di Padang..dia cerita ngelahirin normal anaknya sama bidan..anaknya beratnya 4kg...dan dia badannya kecil. trus ampe sekarang anaknya udah 2 tahun masih nyusuin...anaknya gak kenal formula sama sekali. Itu bikin gue mikir kayaknya kita emang dimanja dengan pilihan....
Irony nya orang2 di kantor gue pas hamil sibuk mikir mau lahiran normal or caesar.. aneh kan... haursnya kan dimaan2 niatnya coba normal..kalau emang gak bisa ya sudah di caesar. bukannya mikirin mau normal or caesar...

Anonymous said...

Ember yah... mereka ngga punya pilihan. Gue sendiri cukup kecewa akan pengalaman pribadi yg ga bisa ngasih ASI ekslusif. Produksi ASI gw ga banyak dan baby gue kan prematur jadi ngga terlalu 'hot' utk nyusu ASI. Kita udah coba slm 2 minggu utk ASI ex, hasilnya celia ngga naik2 berat badannya dan gue nya stress berat. Walhasil dr celia nyuruh utk ASI+susu formula.