Lilypie 3rd Birthday Ticker

Wednesday, September 13, 2006

uneg uneg

uneg-unegku sebagai new working cow alias sapi perah baru.
Akhir akhir ini diriku suka ngalamin dilema. Life is about making choice. Usually the impact is only to us, Ari and me, now our decision will also impact our small fam. Mau jadi ibu karir ato ibu rumah tangga, lebih percaya ama mbak binti ato hire baby sitter...yang pasti kita, mommy dan papanya (belum menemukan persetujuan nih..mau manggil apa) mau ngasih yg terbaek buat Dedek.
Dari gosip2 sambil kerja ama temen2, gue heran karena belum nemu ibu di kantor yg ngasih ASI eksklusif ke bayinya selama 6 bulan. So far berdasarkan survey, yg paling lama sih 3 bulan. Alasan paling utama, sakit...Yang paling bikin bingung, kok ada ya ibu yg tega naro bayinya ke baby sitter selama hari kerja dan cuma diambil pas wiken. Ada ibu yg laen lagi, karena suaminya nggak mau si baby ditaro di baby sitter selama 5 hari, si suami harus ngasih nite feeding. Nggak tau itu realistis atau nggak sayang ama anak.. Pisah ama Arya selama 2 hari aja,pas Arya kuning, udh terjadi hujan air mata.
Disatu sisi...banyak inspiring story dr temen2 di Indo. Mulai yg mompa ASI di kantor 2 kali sehari, tiap2 mompa 45 menit. Ada yang bela belain nyewa kost dkt kantor jadi pas lunch bisa pulang buat nyusuin. Kayanya keukeh banget buat ngasih yg terbaek buat si baby walopun jadi working cow dan perusahaan mereka mendukung bgt. Tapi setelah diusut usut mereka bisa tetep full ASI karena kantornya ngasih kemudahan, dan bukan perusahaan amerika.
Hmm..Jadi sebagai satu satunya working cow di kantor, gue harus tetep keukeh. Apalagi kita diberi kemudahan bisa pulang pas lunch buat nengokin dedek. We hope Dedek will get the maximum benefit of breastfeeding and be a happy kid because he believes that he always has someone who loves him and be there for him.

6 comments:

Unknown said...

Kita senasib...Company gue yg segede itu yg permanent employeesnya aja ampir 400 orang. Not a single one asi exclusive when they return to work! All suplement their babies with formula. Very few of them pumped in the WC but they still supplement with formula cause they believe they don't produce enough. Saat ini gue punya temen sama2 working cow. Dia mompa gara2 gue juga... semenjak ngantor anaknya di supplement dgn formula, tp dia masih mau mompa karena ada temennya, gue :P
Ayo Li.. kita haus tetap semangat. Tadi gw habis curhat sama DSA gue Dr Rulina. Beliau nyemangatin gue dan bilang kalau di peraturan pemerintah ada kok Ibu menyusui berhak punay waktu 2 kali @setengah jam utk mompa. Dicombined dengan lunch time gue bisa mompa 3X. Boleh di coba nih schedule waktu gue dengan masukin lunch time buat mompa juga jadi bisa 3X

-lia said...

masa si pun, ada peraturan pemerintahnya?!! Iya, gue juga enak ada temennya, elo..'cyber friend' biar bisa saling menyemangati.

Unknown said...

gue lagi minta Finna ngecheck-in, dia kan lawyer. Gw jadi semangat kalau ada. DSA gue nyaranin-nya 3X.. pagi 1/2 jam, siang pas jam lunch time and sore 1/2 jam. Tp gue kalau mompa biasanya more than 1/2 jam. Biasanya 45 menit gitu... soalnya suka lambat gitu deh aliran susunya

eChie said...

Yap, tetap semangat, gw juga kayak org aneh, hehe. Pernah ada yg tanya ke qw pas lagi cuci breastpump, itu troublesome ya, gw bilang aja not at all!. Ada satu ibu hamil yg sudah terpengaruh nih, lumayan.

Unknown said...

Emang deh...so many people yah yg gak familiar dengan konsep asi exclusive. Waktu ngobrol santai dgn HR Director dia malah bilang aku kasih susu basi kalau mompa trus taro kulkas!!!! Trus jangankan orang kantor.. Kakak Ipar waktu aku bilang mau 6 bulan asi exclusive bilang bukannya gak semua orang bisa kasih ASI aja for 6 months, tergantun kualitas ASI. What???!!! Trus td pagi ada saudara yg dtg dan amazed karna gue masih asi only dan nanya "emang cukup ASInya?" Yg begini2 nih bikin sebel...gue dgn PDnya jawab "melimpah kok"... biar diem aja yg nanya. Kalau terlihat gak PD malah di cecer...*padahal sambil berdoa Ya Tuhan tolong beri kemudahan untuk hamba-Mu agar bisa memberikan yg terbaik untuk fabio* :P

Rani said...

gilee emang fanny tob banget deh.. ayo dong lia..semangat juga ! gue berhasil ampe 19 bulan skrg kok.. mudah2an bisa terus mpe 2 taon