Lilypie 3rd Birthday Ticker

Tuesday, June 12, 2007

OOT: Diret Hire Maid

Sapa tau ada yg mau hire assistant secara langsung dan nggak pake agen.

1. Sebelum si Maid ke Sing
- Apply approval letter lewat www.mom.gov.sg disini kita harus ngisi detail si maid, detail kita plus spouse. Habis itu bakalan dikasi tau statusnya the next day. Biaya $10. Ini bisa dilakuin kalo kita punya singpass.

- Pas udh diaaproved, kita harus beli insurance ama security bond buat maid. aku beli di anda insurance www.anda.com.sg, sebenernya ada ntuc juga tapi kalo anda bisa online. ntar ada paket paketnya. aku beliin yg paket $94. Abis itu ada petugas anda yg ngasih konfirmasi hari itu juga. Nah kalo udh diapproved, mereka bakalan ngirim ke MOM besoknya. Dan kita udh bisa bawa Maid masuk ke Sin.

2. Pas Masuk, selama 14 hari
- maid ku dr semarang jadinya aku terbangin ke Batam. Trickynya niy....petugas2 Batam tuh nyari2 alasan aja kali ya...dibilang si Maid nggak bisa pergi tanpa agen. walopun si Maid gue udh gue kasih copy approval letternya jadi harus bayar 200 ribu deh bete!!

- Pas udh nyampe di Singapore, kita harus jemput dia. Kalo di harbourfront, ada meeting service namanya. Jadi kita kasihin approval letternya ama tanda pengenal kita plus copy insurance ama security bondnya ama bayar $8.50. Jadi kita nunggu aja diluar.

- kalo buat Maid yg pertama kalinya kesini harus test bhs inggris deh trus sbg employer pertama kali kita juga harus ikutan course, bisa lwt internet.

- nah within 14 days, si maid harus medical check lumayan mahal niy $120 soalnya pake x-ray segala. hasilnya diambil kita aja

- begitu udh dpt reportnya, apply buat issuance WP, pake website www.mom.gov.sg juga. Udh nggak ada biaya tambahan cuma...

- stlh diapprove, within 7 days kita harus ke Tanjong Pagar WSPC, sambil bawa foto buat cap jempol si Maid. dan setelah itu within 4 days, bisa dicollect Wpnya. Quite straightforward kok..mendingan datengnya hari Sabtu pas mau tutup..jam 11-an gitu. Jadinya udh sepi.

Trus ternyata Tanjong Pagar ini kaya one stop shop: jadi ada tukang foto, tempat tes bhs inggris, ama medical exam.

All in All biayanya: $233 yg di Singapore dan buat datengin si Maid: 200 rb (nyogok petugas), 700 rb (tiket pswt), fiskal 500rb = 1,4 jt. jadi kira2 $500 deh. Biaya bisa dibagi 2 ama si Maid. Kita happy, Maid juga happy...

No comments: